Home » 5 Kandungan Gizi Beras Mentik Susu

5 Kandungan Gizi Beras Mentik Susu

Beras memiliki kandungan makro nutrien dimana perbandingan terbesar terletak di jumlah karbohidrat. Maka dari itu, beras akan diubah menjadi gula dan cadangan makanan. Namun tidak semua beras yang dikonsumsi berlebih baik untuk kesehatan. Penumpukan cadangan makanan dan jumlah gula dapat memicu penyakit yang mengganggu aktivitas harian.

Saat memakan suatu makanan, kita selalu melakukan cek kandungan gizi terlebih dahulu agar makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak menimbulkan efek samping karena jumlah yang berlebih. Kandungan gizi beras mentik susu dapat dikatakan sempurna untuk memenuhi kebutuhan makro nutrien harian tubuh.

1. Karbohidrat

Karbohidrat sering kita makan untuk menghasilkan energi. Karbohidrat dan energi merupakan satu kesatuan yang berpengaruh dalam kinerja otak manusia. Karbohidrat dalam tubuh akan berubah menjadi glukosa yang berguna untuk aktivitas berbagai enzim dalam tubuh. Nantinya enzim akan bereaksi dan memperbaiki sel-sel tubuh.

Karbohidrat sederhana sangat mudah terserap, sehingga beberapa makanan yang memiliki jenis karbohidrat ini dapat dengan cepat menaikkan berat badan dan sensitif terhadap penderita penyakit gula atau diabetes. Karbohidrat kompleks memiliki fungsi yang lama terurai dan membentuk glukosa. Efeknya tubuh akan cepat kenyang dan lama untuk merasa lapar kembali.

2. Protein

Nutrisi dari protein berfungsi untuk meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang rendah menyebabkan berbagai masalah tubuh seperti sulit menurunkan berat badan. Fungsi lain yang tak kalah penting adalah dalam hal meregenerasi sel tubuh dan memproduksi enzim yang mengatur semua proses dalam tubuh.

Dimasa seperti ini, kebutuhan protein harus terpenuhi karena dikhawatirkan dapat menyebabkan imunitas menurun. Kekurangan protein mempercepat penyebaran virus dan bakteri pada tubuh. Untuk wanita, kekurangan protein sangat mempengaruhi kondisi kulit yang terlihat lebih kusam, kering, rambut menjadi mudah rontok.

3. Lemak

Para wanita seringkali takut dihadapkan dengan makanan yang mengandung lemak. Mereka khawatir bahwa upaya untuk menjaga porsi berat badan dapat gagal karena salah makan. Namun, ternyata lemak juga memiliki fungsi dan diharuskan ada sebagai salah satu penyusun tubuh manusia.

Lemak akan membantu tubuh menyerap beragam vitamin dari makanan. Vitamin seperti A, D dan E hanya dapat larut dan diserap oleh lemak. Lemak akan digunakan sebagai energi tubuh, namun lemak sisa akan menumpuk dan disimpan dalam tubuh. Lemak sisa ini yang berbahaya dan menyebabkan naiknya berat badan.

Baca : https://agrospora.com/cara-membuat-tepung-beras-untuk-diet-anak-autis/

4. Serat

Beras mentik susu organik mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan untuk efek kenyang terutama pada pelaku diet. Serat tidak dapat diserap oleh tubuh, oleh sebab itu serap hanya bisa mengikat air dan melancarkan pencernaan selama di dalam tubuh.

Memakan makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek yang beragam pada tubuh. Orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat biasanya berumur panjang karena jarang mengalami masalah pencernaan yang berat. Penelitian juga menyebutkan bahwa serta dapat meminimalisir terjadinya kanker pada tubuh.

5. Mineral

Mineral merupakan sumber nutrisi mikro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Umunya mineral didapatkan dari konsumsi makanan, namun juga bisa dari tambahan suplemen. Mineral berfungsi mirip dengan vitamin. Bisa dikatakan bahwa mineral adalah booster untuk mendapatkan zat gizi dalam tubuh.

Kandungan zat gizi beras mentik susu dalam bentuk mineral memiliki berbagai jenis dan porsi yang bertujuan meningkatkan segala proses penting tubuh. Mineral yang terkandung diantaranya adalah kalsium dan zat besi. Dua jenis mineral ini mempengaruhi proses ketahanan dan pembentukan tulang.

Dari segala jenis kandungan gizi beras mentik susu yang telah dijabarkan beserta fungsinya, http://gerai.agrospora.com berharap dapat membantu memenuhi asupan gizi masyarakat. Dengan memilih beras mentik susu organik, mari kembali ke pola hidup yang lebih sehat untuk lawan pandemi.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.