Home » Beras Mentik Susu Untuk MPASI, Mengapa?

Beras Mentik Susu Untuk MPASI, Mengapa?

MPASI merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Makanan tersebut mulai diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dalam pemberian makan pendamping ini harus memperhatikan jenis makanan, kandungan gizi, kebersihan makanan dan tempat makannya. Salah satu makanan yang cocok untuk menambah gizi buah hati adalah Beras mentik susu. Memilih beras mentik susu menjadi langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi anda.

Pengertian MPASI Dan Mengapa Diperlukan

MPASI adalah jenis makanan pendamping yang mengharuskan adanya kandungan makro dan mikronutrien. Pada saat bayi menginjak usia 6 bulan, kebutuhan gizi akan meningkat dan ASI tidak cukup untuk memenuhinya. Jika kebutuhan gizi tidak terpenuhi, efeknya pertumbuhan dan perkembangan akan terganggu.

Apabila MPASI tidak segera diberikan saat usia 6 bulan sampai 1 tahun, dikhawatirkan bayi akan merasa asing dengan makanan padat. karena pada umumnya bayi usia 6 bulan sudah diberikan makanan pendamping ASI.

Manfaat Beras Mentik Susu Untuk MPASI

Beras mentik susu memberikan kemudahan untuk melengkapi gizi bayi tanpa banyak makanan yang harus dimakan. Dengan menilik banyaknya manfaat dari beras ini, percayakan program MPASI dengan beras mentik susu organik. Berbagai manfaat dari beras mentik susu adalah:

  • Memiliki kandungan gizi dan mineral yang tinggi.
  • Membantu perkembangan otak pada bayi agar tidak muncul gejala autisme.
  • Mudah dicerna sehingga tidak akan mengganggu kinerja lambung.
  • Menambah nafsu makan bayi.
  • Bebas pestisida sehingga aman dijadikan sebagai makanan harian.

Baca https://agrospora.com/terapi-aba-ft-beras-mentik-susu-organik/

Syarat Bayi Yang Boleh Mengonsumsi MPASI

Saat pertama kali memberikan MPASI, para ibu biasanya mengalami fase dimana tidak ada makanan yang cocok untuk anaknya. Ini hal yang lumrah terjadi karena bayi baru merasakan tekstur dan mengenali rasa. Lambat laun indera pengecap mereka akan berkembang dan menerima berbagai jenis makanan.

Adapun syarat bayi yang dapat mengonsumsi MPASI:

  • Bayi tersebut telah cukup dari segi usia.
  • Bayi telah mampu mengendalikan keseimbangan tubuhnya untuk berdiri atau duduk.
  • Mampu membuka mulutnya saat disuapi makanan.
  • Bayi memberikan kode saat lapar dan tertarik pada makanan.

Jenis Makanan Yang Baik Dijadikan MPASI

Ada beberapa jenis makanan untuk MPASI yang sangat dianjurkan oleh WHO. Diharapkan setiap keluarga yang memiliki bayi mulai mengajarkan cara memakan makanan padat sedini mungkin. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya:

  • Sayur dan buah yang dihaluskan tapi bukan berbentuk jus, hanya boleh dicacah kecil-kecil.
  • Makanan bayi yang tidak mengandung gluten dengan mencampurkan ASI.
  • Biskuit yang dihaluskan dengan tambahan air.
  • Yoghurt sehat.

Beberapa jenis makanan tersebut tidak dianjurkan penambahan penyedap rasa maupun gula atau garam. Ibu juga tidak boleh mengganti ASI dengan susu formula yang berasal dari sapi meskipun merepotkan karena akan menyebabkan sembelit pada anak. Tekstur makanan pun perlu diperhatikan agar bayi tidak tersedak. Beras mentik susu sangat pulen sehingga cocok untuk MPASI.

Resep Untuk MPASI Dari Beras Mentik Susu

Beras mentik susu sangat diminati para ibu muda pecinta kesehatan. Ibu yang kreatif adalah ibu yang dapat berinovasi dengan makanan anaknya agar si kecil tidak bosan. Namun adapula jenis ibu yang tidak punya waktu berinovasi resep makanan karena berbagai alasan. Berikut merupakan resep beras mentik susu MPASI.

  • Siapkan beras mentik susu yang sudah dicuci bersih lalu masak menggunakan kompor dengan api kecil.
  • Jangan lupa tambahkan air ke dalam campuran beras mentik susu.
  • Aduk sampai mengental dan matikan kompor jika beras mentik susu telah matang.
  • Untuk menambah visualisasi dan nafsu makan bayi, para ibu boleh memberikan berbagai tambaham sayuran untuk menghiasi bubur mentik susu.

Jangan khawatir jika saat MPASI selalu merasa tidak cocok dengan makanan. Beras mentik susu untuk MPASI merupakan jalan yang benar sebagai senjata dan bekal pertumbuhan anak. Beras mentik susu dapat ditemukan dengan harga terjangkau di http://gerai.agrospora.com

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.