Home » CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS UNTUK DIET ANAK AUTIS

CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS UNTUK DIET ANAK AUTIS

Tepung beras organik

Anak autisi tidak diperkenankan mengonsumsi sembarang makanan berbahan tepung-tepungan, khususnya tepung terigu, tepung tapioka, tepung singkong, tepung kentang, tepung ketan, tepung jagung, dan tepung kedelai.

Mereka hanya boleh mengonsumsi makanan berbahan tepung beras, tepung sagu, dan tepung sorgum. Ini terkait dengan diet bebas gluten yang dijalani anak autisi selama menjalani terapi, pemberian obat dan suplemen.

Saya biasanya mengolah aneka camilan putra saya yang autisi dari tepung beras dan tepung sagu. Tepung berasnya harus home-made alias buatan sendiri. Kadang saya beli berasnya sendiri sesuai jadwal rotasi dan eliminasi diet, masing-masing 1 kilogram (kg), baru saya giling ke tukang tepung.

Mengapa tepung berasnya harus dibuat sendiri? Kan banyak tuh yang jual tepung beras organik.

Alasannya karena rotasi menu makanan masing-masing anak autisi itu berbeda. Misalnya anak saya, Senin dia makan beras Inpari-32, Selasa Ciherang, dan Rabu Sertani.

Ini artinya Senin itu anak saya harus makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Inpari-32, Selasa makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Ciherang, Rabu makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Sertani. Begitu seterusnya sampai Minggu.

Perlu digarisbawahi bahwa Rotasi dan Eliminasi Diet ini dijalankan oleh anak autisi yang menjalani terapi Smart ABA. Diet ini bukan sembarang diet, sebab orang tua di bawah pengawasan dokter akan melakukan pemantauan terhadap anak menggunakan Tabel BALSH.

cara membuat tepung beras

Apabila ada yang mengklaim tepung beras yang dijual organik, kita perlu memastikan jenis beras yang digunakan untuk membuat tepung beras tersebut.

Kalo beli snack untuk autisi yang dijual online, boleh gak?

Jujur, saya pernah iseng searching penjual makanan online yang mengklaim snack buatannya aman untuk autisi atau anak berkebutuhan khusus (ABK). Pas saya lihat komposisinya, saya masih mendapati gula aren, madu, atau malah ada yang mengandung tepung tapioka atau tepung kentang.

Kalo kita tetap beli snack online untuk anak autisi kita, itu sama artinya kita membiarkan diet anak bocor. Daripada sia-sia, mending kita bikin sendiri snacknya di rumah.

Cara Membuat Tepung Beras

Pada dasarnya cara membuat tepung beras home-made itu simpel banget. Kita cuma butuh alat penepung untuk menghaluskan beras.

Banyak kok alat pembuat tepung beras mini yang dijual online. Kalo gak punya ya cukup pakai blender aja. Sebaiknya blender kaca ya.

Berikut adalah cara membuat tepung beras sederhana di rumah. Mudah kok, silakan dipraktikkan sendiri.

Bahan

  • Beras
  • Air untuk merendam
  • Blender
  • Saringan santan

Cara membuat

  • Cuci beras sampai bersih, kemudian rendam dalam air minimal enam jam.
  • Tiriskan beras setelah direndam sampai kering, hingga tidak ada lagi air rendaman yang menetes.
  • Siapkan blender, taruh beras secukupnya di dalam blender, kemudian haluskan.
  • Saring beras setelah dihaluskan dengan sharingan santan. Jika masih ada tepung yang menggumpal, haluskan lagi dengan blender bersama beras berikutnya.
  • Setelah semua beras disaring, sangrai beras sampai kering dengan wadah kaca, simpan dalam wadah tertutup.
  • Untuk hasil maksimal, jemur atau angin-anginkan sebentar beras yang sudah disangrai.
  • Bikin tepung beras home-made gak perlu terlalu banyak. Sesuaikan dengan kebutuhan pembuatan snack anak kita secukupnya, kecuali berniat menghaluskan beras ke tukang tepung di pasar tradisional.

Jenis-jenis Beras untuk Diet Anak Autisi

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebagian besar varietas padi yang ditanam petani sekarang adalah Ciherang, Pandan Wangi, Mentik Susu, Inpari, dan IR-64 (Setra Ramos).

Pabrik-pabrik penggilingan padi sekarang banyak yang mencampur atau blending beberapa varietas beras untuk menghasilkan beras dengan karakteristik tertentu yang disukai konsumen. Dari sana muncul lah nama-nama baru, seperti beras-beras kemasan yang biasa kita jumpai di mini market.

Biasanya sih penggilingan padi yang memproduksi beras dengan mencantumkan label varietas, biasanya mereka menanam padi sendiri atau bekerja sama dengan petani atau kelompok tani tertentu. Kualitasnya sudah pasti terjamin.

Kedua, mayoritas penggilingan padi atau pedagang beras memproduksi atau menjual beras campuran dari berbagai varietas padi. Terjawab sudah mengapa harga beras yang mencantumkan nama varietas sedikit lebih mahal dari beras yang dijual biasa di pasaran.

Saya misalnya membeli 1 kg beras putih Ciherang dengan harga Rp 32 ribu per kg. Padahal, harga beras kualitas medium di pasaran hanya di kisaran Rp 9.300-10.800 per kg.

cara membuat tepung beras

Alasan lain beras organik lebih mahal karena bebas pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Beras organik diproses alami, tanpa bahan kimia, mulai dari penyiapan lahan, penyiangan, pemupukan, hingga pemanenan. Beras organik bebas pemutih dan lebih rendah kolesterol.

Beli beras organik di mana?

Beberapa teman yang DM saya mengeluhkan sulitnya memperoleh beras organik dengan banyak varian. Kebanyakan alasannya karena tinggal di desa, jauh dari kota.

Nah, berikut saya merekomendasikan tempat-tempat pembelian beras organik yang bisa kita beli online. Postingan berikut sama sekali gak mengandung iklan loh, soalnya saya pakai sendiri. Hehehe.

1. Beras Organik Pringkasap

Saya pakai empat jenis beras dari Pringkasap, yaitu Ciherang, Sertani, Inpari-32, dan Inpari-24 (Beras Merah). Kebetulan petani yang mengembangkan produk-produk beras organik ini adalah alumnus IPB.

Namanya Mas Dedi Mulyadi, asal dari Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang. Mas Dedi ini lulusan Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian (TPPMP) IPB.

Mas Dedi membentuk Komunitas Petani Organik Paguyuban Bumi Mandiri sejak 2012. Bersama-sama mereka mengembangkan solusi pertanian menggunakan Pupuk Organik Hayati (POH) DEKA untuk mengembalikan kesuburan tanah dan menerapkan pertanian organik.

Beras organik Pringkasap terdiri dari beras putih, beras merah, dan beras hitam. Harga jual Rp 20-30 ribuan dan semua dikemas dengan kemasan vakum.

Saya paling banyak beli beras ini karena produsennya bukan cuma memproduksi beras, tapi juga bisa saya minta tolong untuk membuatkan saya tepung beras per jenis untuk diet komprehensif Rashif. Alhamdulillah. Buat yang butuh bantuan sama seperti saya, bisa pesan di nomor berikut.

(Sumber : https://muthebogara.blog/2020/12/30/cara-membuat-tepung-beras-diet-anak-autis/)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.