Home » Artikel » Magang Di P4S Agrospora Lewat Program YeSS

Magang Di P4S Agrospora Lewat Program YeSS

apa itu program yess??

Hi readers!! Perkenalkan nama saya Elsa Nadya Wati Tobing. Saya seorang wanita berusia 20 tahun dan merupakan lulusan D3 Agroindustri Politeknik Negeri Subang. Saya termasuk salah satu dari 28 orang yang beruntung, karena dapat terpilih menjadi peserta magang se-kabupaten Subang. Pemagangan ini diadakan oleh Program YeSS (Youth Enterpreneur and Employment Support Services), yang dibangun oleh Kementan dan bekerja sama dengan IFAD (International Fund for Agricultural Development). Magang Program YeSS ini sudah berjalan sejak tahun 2019, namun program pemagangan pada tahun 2021 ini merupakan periode pertama. Setelah melalui proses yang cukup lama, akhirnya saya mendapatkan lokasi tempat pemagangan sesuai dengan yang saya pilih. Yakni P4S Agrospora yang terletak di Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

sistem magang di p4s agrospora!!

P4S Agrospora merupakan suatu wadah untuk pemberdayaan petani yang bergerak dalam pengembangan Integrated Organic farming System. Dalam program pemagangan ini kami difokuskan pada budidaya beras organiknya. Meski begitu menurut pimpinan P4S Agrospora, kami selaku peserta pemagangan juga harus mengetahui tidak hanya budidaya beras organiknya. Namun mencakup yang lain juga seperti unggas organik, sapi organik, perikanan organik, maggot dll. Kami terdiri dari 7 peserta magang yang diberi amanah untuk bertanggung jawab di bidangnya masing-masing. Adapun yang kami pelajari terdiri dari 6 bidang diantaranya beras organik, sapi organik, unggas organik, maggot, perikanan organik, dan manajemen. Dari semua bidang itu diharapkan bisa berkolaborasi dengan baik sehingga tercipta hasil yang sesuai harapan dan tebentuknya superteam. Saya sendiri diberi tugas untuk bertanggung jawab terhadap beras organik baik dari penanaman sampai pemasaran dengan ‘goals’ yang harus terpenuhi. Meski begitu, saya juga harus mempelajari bidang-bidang lainnya untuk dapat menambah wawasan baru.

kegiatan magang di p4s agrospora!!

Adapun kegiatan magang program Yess di P4S Agrospora yang dilakukan pada minggu pertama adalah sebagai berikut :

  1. Perkenalan dan pemaparan aturan-aturan yang akan berlaku kedepannya
  2. Mengamati budidaya magot dan pemaparan materi tentang ide bisnis apa yang akan kita rencanakan di masa mendatang.
  3. Dokumentasi setiap kegiatan magang, pemilihan ayam untuk di jadikan sample, pemisahan prepupa, dan pembahasan tentang budidaya mangga dengan ahlinya.
  4. Mempersiapkan pakan unggas organik, perawatan maggot, pencacahan pelepah pisang untuk biopond dan survey lokasi pabrik tahu untuk memperoleh ampas tahu.
  5. Hari terakhir minggu pertama kegiatannya tidak terlalu padat diantaranya pemberian pakan sapi, penyebaran pupuk kimia dan diskusi mengenai beras organik.
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *