Home » PENGEMBANGAN SAYURAN ORGANIK

PENGEMBANGAN SAYURAN ORGANIK

Sayuran Organik

Sayuran Organik di Kabupaten Subang

Sayuran Organik merupakan salah satu misi yang direncanakan oleh Agrospora Bumi Indonesia dan Kelompok tani Paguyuban Bumi Mandiri. Menjadi salah satu bagian untuk mewujudkan desa Pringkasap menjadi DESA ORGANIK. Pada saat ini upaya yang sedang dilakukan adalah pengembangan pertanian Padi Organik dengan memproduksi Beras Putih Beras Merah dan Beras Hitam dengan Merk Dagang Beras Organik “PRINGKASAP”. Upaya tersebut sudah berjalan sejak tahun 2012.

Pengembangan desa organik di pringkasap

Pada tahun ini pengembangan Desa Organik merambah ke tanaman sayuran. Pengembangan sayuran tersebut direncanakan bermitra dengan salah satu perusahaan dari Jepang.

Pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2018 merupakan kunjungan kelima kalinya. Membahas tentang komoditi yang bisa dibudidayakan, teknologi yang akan diterapkan dan perencanaan cara pendistribusian sayurannya.

Pertemuan tersebut berlangsung di Sekertariat Agrospora Bumi Indonesia di Kp Bugel Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang yang dihadiri oleh Owner Agrospora, Dedi Mulyadi dan perwakilan petani dari Kelompok tani Paguyuban Bumi Mandiri.

Pengembangan sayuran di Subang ini akan melibatkan banyak petani dan keluarga tani. Rata rata di Desa Pringkasap memiliki banyak lahan pekarangan yang belum dioptimalkan untuk meningkatkan perekonomian. Dengan konsep yang akan diterapkan di Paguyuban Bumi Mandiri menjadi salah satu solusi bagi petani untuk mengoptimalkan pekarangan meskipun hanya pekarangan sempit.

Lahan yang sempit bukan menjadi alasan untuk tidak mau berinovasi. Tinggal bagaimana kita mencari cara agar lahan yang sempit dapat dioptimalkan menjadi pundi pundi penghasilan bagi petani.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.